Detail Cantuman Kembali

XML

Sarasvati Seni Gaya Hidup Edisi 18 Mei 2015


Salah satu unsur penting yang saat ini mungkin kerap diabaikan dalam makin meningkatnya komersialisasi seni rupa adalah peran penonton. Sehingga kita bisa melihat makin menurunnya tingkat kunjungan publik umum di galeri-galeri seni. Akan tetapi sebuah fenomena unik terjadi di Semarang Gallery sejak awal tahun ini di mana tingkat kunjungan publik meningkat hingga mencapai 200-an pengunjung setiap hari. Kedatangan pengunjung tak terpengaruh meski pihak Semarang Gallery sampai harus menerapkan tiket masuk.

Peristiwa seni yang juga mencatat kunjungan publik spektakuler adalah ART|JOG dan Pasuruan Art Event. Meski berlokasi di tempat non-seni – sebuah markas militer – Pasuruan Art Event dihadiri 6500-an orang selama sepekan acara. Sementara ART|JOG dikunjungi 100 ribu penonton. Begitu pula yang terjadi pada acara Art & Music Fest Camp 2015 di Bukit Banyak, kota Batu, Malang, Jawa Timur, yang diadakan Komunitas Pena Hitam, sebuah kelompok anak muda yang menekuni drawing dan kini telah memiliki 9500 anggota dan kantong-kantong komunitasnya telah bercabang ke 12 kota.

Kemunculan publik seni di kota-kota ini tentunya harus disambut positif. Edukasi seni kepada publik harusnya bisa lebih digiatkan dengan merangkul komunitas-komunitas di berbagai daerah sehingga tidak menjadikan perkembangan seni rupa terkesan eksklusif dan berorientasi pasar semata. Di edisi Mei 2015 inilah, kami mengulas tentang perkembangan publik seni di sejumlah kota tersebut.

Selain itu kami juga menampilkan ulasan pameran terbaru dari seniman muda Albert Yonathan Setyawan di Mizuma Gallery yang menampilkan karya-karya hasil pertemuan antara kreativitas dan spiritualitas. Kemudian kami juga mengulas tentang pameran dua perupa senior Indonesia: Herry Dim dan Hanafi di Bandung. Sebagai patron seni edisi ini kami menampilkan sosok Popo Danes yang lewat galerinya, Danes Art Veranda, berhasil mengaktifkan kegiatan-kegiatan kesenian di Bali.
Supangkat, Jim - Personal Name
Bayuaji, Ari - Personal Name
Nurjanah, Ening - Personal Name
Pasaribu, Feliciana - Personal Name
Purwita, Dewa Gede - Personal Name
Anindita, Puja - Personal Name
Anggar, Semi Ikra - Personal Name
Santoso, Akhmadi Budi - Personal Name
18
705 S 18/2015
NONE
Majalah dan Terbitan Berkala
Indonesia
PT Svasti Sarasvati
2015
Jakarta, Indonesia
LOADING LIST...
LOADING LIST...