Detail Cantuman Kembali

XML

Seni Foto Walter Spies Bali 1930


Walter spies, Lahir di Moskwa, Rusia, 15 september 1895, anak seorang diplomat Jerman yang bertugas di Rusia. Sejak kecil sudah dididik disiplin dengan keras.Pada masa remaja dia sudah bergaul dengan seniman Rusia seperti Rachmaninofff, alexander Skrjabin, dan Maxim Gorki. Spies muda suka dengan dunia binatang dan tumbuh tumbuhan, penulis buku Walter Spies and Balinese Art, Yaitu Hans Rhodius dan John Darling memberikan penilaian bahwa " Kecintaan pada alam merupakan elemen yang dominan dalam hidup Spies.
Pada masa kecilnya Walter Space tidak dapat mengungkapkan kreativitas seninya dengan bebas. Spies disekolahkan di Dresden, Jerman.Pada usia 15 tahun terjadi perang dunia I. ayahnya ditangkap tentara Rusia. demikian juga dengan dirinya. dia dikirim ke sebuah kamp di Sterlitmak di Pegunungan ural. Di kamp ini Spies diberi kebebasan untuk bekerja.Dia kemudian mempelajari lagu lagu rakyat disana dan mulai menemukan identitas dirinya. Dia mulai melukis dan menemukan gayanya.
Tahun 1923 Walter Spaies datang ke Indonesia, Pertama kali menetap di Bandung, kemudian hijrah ke Yogyakarta. Pada suatu ketika, Walter spies berkunjung ke keraton dalam suatu perjamuan. Dia begitu terpesona mendengarkan gamelan. Kekaguman Spies rupanya menarik perhatian Sultan HB VII, yang ingin tahu tentang musikus muda tersebut. Spies mendapatakan tawaran dan dia menerima tawaran tersebut. Maka sejak 1 Januari 1924 dia resmi menjadi pimpinan orkes Keraton Yogyakarta. Spies manaruh minat besar pada kebudayaan Jawa, Khususnya gamelan.selama beberapa tahun tinggal di Yogyakarta, Spies belajar serius tentang Gamelan bahkan dia juga melakukan eksperimen musik, ia menggabungkan musik indonesia dan Erpa(gamelan dan piano0)
Jiwa petualanagn Walter Spies tampaknya muncul setelah beberapa tahun menghayati budaya Jawa. Dia kemudian berpaling ke timur, Bali. Tahun 1927 Spies hijrah ke Pulau Bali. Disini dia sepertinya menemukan hidupnya yang sejati, dia menemukan kebebbasan yang dicarinya. segera saja dia menyerap seni dan budaya Bali. Dalam waktu singkat dia sudah mengekplorasi seni tradisi Bali dlam beberapa karya lukis. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika Walter Spies di sebuit sebagai salah seorang tokoh seniman yang berkontrobusi besar dlam perkembangan seni di Jawa dan Bali.
Sucitra, I Gede Arya - Personal Name
Harnoko, Darto, Drs - Personal Name
Sukirman DH - Personal Name
Covarrubias, Miquel - Personal Name
Goris, R. Dr - Personal Name
Sugriwa, I Gusti Bagus - Personal Name
Kempers, A.J Bernet - Personal Name
Holt, Claire - Personal Name
Kusnadi - Personal Name
Spies, Walter - Personal Name
Hermanu - Personal Name
Tashadi, Drs - Personal Name
770 Suc S
978-602-18685-7-7
770
Buku
Indonesia
Bentara Budaya Yogyakarta
2013
Yogyakarta
224
LOADING LIST...
LOADING LIST...